Sabtu, 20 Juli 2013

TIPIKOR

Suprihono, Sekda Cilacap Masuk Sel

27 Juli 09 | 19:41
Nasrun/SBK

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap, Soeprihono, resmi ditahan Kejaksaan Negeri Cilacap di Lembaga Pemasyarakat Cilacap (24/7). Penahanan dilakukan pada Jum'at sore sekitar pukul 17.35 WIB, setelah paginya menjalani pemeriksaan terkait dugaan korupsi pembebasan tanah untuk lahan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bunton.
Dalam proyek tersebut, Suprihono, menjabat sebagai ketua tim sembilan yang menjalankan pembebasan tanah. Akibat penyelewengan dana pembebasan tanah, negara dirugikan Rp. 2.002.680.000. Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Cilacap, M. Teguh Pradiyaksa, mengatakan pihaknya menahan Sekda Cilacap untuk memudahkan proses pemeriksaan selanjutnya.

Pada pemeriksaan pagi hari, Soeprihono diperiksa dengan status sebagai saksi. Lalu pada siangnya statusnya berubah menjadi tersangka. Proses penahanan ini mendapat perhatian puluhan warga yang tengah berada di sekitar alun-alun Cilacap. Bahkan, tidak sedikit warga yang sengaja datang untuk menonton proses penahanan Sekda Cilacap itu.

Di tempat terpisah Gerakan Pemuda Anti Korupsi (GEPAK) Cilacap menyambut baik langkah yang diambil Kejari Cilacap. Ketua Umum GEPAK, Isnaeni Wisnu, menjelaskan Kejari telah memberikan iktikad yang baik untuk menegakkan hukum. Namun, Wisnu mengaku kecewa dengan delik sangkaan yang diajukan kejaksaan. Semestinya Suprihono juga dijerat dengan dugaan korupsi penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Mengapa Suprihono cuma dijerat dengan kasus dugaan korupsi Proyek PLTU Bunton. Bila cuma kasus ini, dia bisa berkilah tidak tahu-menahu. Tanah kan urusannya Badan Pertanahan Nasional (BPN). Saya hanya membeli tanah yang sudah bersertifikat, jadi warga dan BPN lah yang bersalah," jelasnya.

Lebih lanjut, GEPAK Cilacap mendesak Kejari membuat delik sangkaan yang berlapis. Menurutnya, sedikit atau banyak, Suprihono punya andil dalam dugaan penyelewengan APBD yang dilakukan oleh tersangka Probo Yulastoro. Probo Yulastoro sendiri telah ditahan di LP Kedungpanem, Semarang, sebulan sebelumnya.

Kini Soeprihono mendekam dalam jeruji tahanan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cilacap kamar nomor 19. Hingga berita ini diturunkan (25/7) para koleganya antri menjenguk. Banyak mobil Toyota Avanza berplat merah terparkir di halaman LP Cilacap. Para penjenguk umumnya menggunakan pakaian dinas sehingga menjadi objek tontonan warga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar